Senin, 20 Juli 2015

Beda Mukmin dengan Muslim

Islam sahabat Rasulullah
Mukmin adalah orang yang beriman kepada Allah sedang muslim adalah orang yang menerima agama Islam. Kita berdoa agar selalu menjadi mukmin dan meninggal sebagai mukmin. 

Samakah muslim dengan mukmin? Dari segi kata saja lain, apalagi dari segi maknanya. Penjelasannya terdapat dalam suatu hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan sahabat Sa'ad Radhiyallahu' Anhu.
"Suatu hari aku duduk bersama Nabi SAW. Beliau menolong beberapa orang. Namun, beliau tidak memberikan apa pun kepada seseorang yang dalam anggapanku adalah terbaik diantara mereka.
Melihat hal itu, aku berkata, 'Wahai Rasulullah, engkau tidak memberi apa pun kepada orang ini padahal aku yakin dia adalah mukmin yang baik.' 

Nabi menjawab, 'Jangan mengatakan dia mukmin, sebaiknya sebut saja muslim.'
Aku terdiam beberapa saat, tetapi aku tidak dapat menahan perasaanku kepada orang itu. Jadi, aku berkata lagi dengan mengatakan bahwa orang itu seorang mukmin. 

Sekali lagi Nabi SAW mengatakan bahwa orang itu adalah seorang muslim.
Ketika aku mengulangi perkataanku untuk ketiga kalinya, Nabi SAW berkata, 'Wahai Sa'ad, sering aku menolong seseorang yang tampaknya tidak memerlukan pertolongan karena menurutku imannya masih lemah. Aku khawatir jika aku tidak menolongnya dan membesarkan hatinya ia akan berpaling (dari Islam) dan masuk neraka'." (HR Al-Bukhari) 

Dalam strategi dakwah, membantu muslim yang lemah itu disebut ta'lif al-qulub (melunakkan hati). Dalam kisah di atas, Nabi SAW ingin mengatakan bahwa anugerah terbesar iman tidaklah tertanam dalam hati manusia dalam sekejab. Pada saat iman seseorang sedang lemah, pada saat ia mengalami kemalangan dan masa sulit, imannya akan semakin melemah dan akan mengakibatkan ia terjerumus dalam kegelapan.

 Mukmin berarti orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Ia telah siap menjalani hidupnya sesuai dengan ajaran Islam. Ia mematuhi aturan dan ketentuan syari'ah. Ia adalah orang yang tidak ragu-ragu mengorbankan hidupnya demi imannya. Hanya sedikit orang yang seperti itu di tengah umat. Sedang muslim berarti orang yang menerima dan memeluk agama Islam.

Rasulullah SAW memberikan pelajaran kepada Sa'ad karena ia belum bisa membedakan mukmin dan muslim.
Kita berdoa, mudah-mudahan kita menjadi mukmin yang meninggal sebagai mukmin pula. Amin.
SB, dari berbagai sumber*AP



Sumber (Majalah alKisah No. 19/Tahun IX/19 September-2 Oktober 2011)

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran Anda sangat kami butuhkan. Berkomentarlah dengan sopan dan tidak mengandung spam