Selasa, 21 Juli 2015

Mengungkap Pesona Halmahera Barat


Mengungkap Pesona Halmahera Barat
INDONESIA, negara yang tidak ada habisnya akan keindahan. Kultur yang beraneka ragam. Ditambah lagi adanya berlian hidup Indonesia, flora dan fauna.

Lokasi
Kabupaten Halmahera Barat berada di Pulau Halmahera yang terletak diantara 1o - 3o Lintang Utara dan 125o - 128o BT berbatasan dangan Kabupaten Halmahera Utara (Utara), Laut Maluku dan Kota Ternate (Barat), Halmahera Selatan dan Halmahera Timur (Timur), dan Kota Tidore Kepulauan (Selatan).

Luas wilayah kabupaten Halmahera Barat mencapai 22.346 km2 darat, dan 11.633,42 km2 laut. Ada sekitar 123 pulau kecil di Halmahera Barat, namun hanya 2 pulau yang berpenghuni sisanya pulau tanpa penghuni.  

Penduduk
Ada beberapa etnis yang beragam tinggal di Halmahera Barat mulai dari suku lokal dan suku pendatang. Suku lokal diantaranya suku Sahu, Loloda, Wayoli, Gamkonoro, Gorap, Tobaru dan suku Ternate. Suku pendatang seperti suku Jawa, Sangir, Ambon, Bugis, Gorontalo dan Makian. Dengan adanya banyak suku, pastinya menambah keragaman budaya di Halmahera Barat.  

Festival
Mengungkap Pesona Halmahera Barat

Festival Teluk Jailolo merupakan acara tahunan di dekat pelabuhan Teluk Jailolo. Festival itu memang dimaksudkan sebagai pintu masuk untuk menarik wisatawan datang ke Halmahera Barat. Selain itu, wisatawan juga diharapkan mengunjungi tempat wisata yang di tawarkan. Bukan hanya festival ritual adat juga menjadi magnet untuk menarik para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Seperti ritual adat makan bersama di rumah adat atau biasa disebut Orom Sasadu, di Desa Gamtala, Kecamatan Jailolo. Yang merupakan ritual syukur atas keberhasilan panen. Wisatawan juga dapat berbaur dengan masyarakat menikmati makanan tradisional khas Halmahera Barat dan minum saguer atau arak dari nira pohom aren.

"Makanannya enak meski agak pedas," kata salah seorang wisatawan asing sambil menikmati alunan didiwang, tifa yang terbuat dari pohon aren sekitar 3 meter, yang energik.

Orom Sasadu adalah salah satu sajian utama dalam Festival Teluk Jailolo. Dalam masyarakat adat Halbar, ritual biasanya digelar pada Maret dan Juni. Dahulu ritual adat ini bisa diselenggarakan selama 9 hari 9 malam, atau 7 hari 7 malam, 5 hari 5 malam, 3 hari 3 malam, atau hanya 1 hari 1 malam tergantung dari hasil panen. Namun sekarang umumnya hanya digelar satu hari satu malam yang diisi dengan makan dan menari.

Ritual adat lain yang disajikan dalam festival adalah sigofi ngolo atau bersih laut, yaitu membersihkan , laut dari segala niat buruk, meminta izin alam untuk memulai perayaan dengan tulus. Ritual ini digelar pada pagi hari menjelang acara puncak, yaitu pergelaran tari Sasadu on the Sea.
Ritual sigofi ngolo dilakukan dengan arak-arakan sejumlah perahu kayu bermotor yang dihiasi umbur-umbul dan janur, dari Teluk Jailolo menunju Pulau Babua di tengah Teluk Jailolo.

Wisata
Mengungkap Pesona Halmahera Barat

Mengungkap Pesona Halmahera Barat
Disamping banyak-nya wisata alam disana keindahan alam bawah laut Jailolo merupakan wisata andalan Halmahera Barat. Teluk Jailolo merupakan kawasan yang tepat untuk melakukan snorkling, fishing maupun jet sky. Selain itu, struktur bawah laut yang berbentuk menurun, keragaman biota laut yang langka seperti nudybranch, japanese spy, dan juga adanya wreck di dasar laut merupakan surga bagi para penyelam.

Industri menyelam terbilang masih muda karena baru berkembang seiring penyelenggaraan Festival Teluk Jailolo yang pertama kali diadakan pada 2009. Ada 20 tempat penyelaman di Teluk Jailolo dan 10 tempat penyelaman di Loloda yang dapat dicapai dalam waktu dua jam perjalanan laut menggunakan perahu cepat dari pelabuhan Jailolo. Wisatawan juga dapat berenang di Pantai Bubanahena yang airnya tenang dan jernih sambil menikmati pemandangan deretan Gunung Kiematubu di Pulau Tidore, Gunung Meitara di pulau Meitara, Gunung Gamalama di Pulau Halmahera, serta Gunung Hiri di pulau Hiri, sebuah pulau kecil di seberang pantai utara Pulau Ternate.

Bagi wisatawan yang tidak ingin berurusan dengn air, banyak alternatif tempat wisata bahari yang dapat dikunjungi. Paling tidak ada 13 pantai yang ditawarkan, beberapa diantaranya terdapat sumber air panas sehingga air lautnya hangat. Ini seperti Pantai Air Panas di Desa Galala, Kecamatan Jailolo, sekitar 1 kilometer dari pelabuhan Jailolo.
Sejumlah desa juga menawarkan paket wisata sesuai potendi masing-masing. Ada 10 desa wisata, salah satunya adalah Desa Gamtala yang menawarkan wisata menyusuri hutan bakau. Selain itu, masih ada wisata alam lainnya seperti Air Terjun Kahatola yang unik di Kecamatan Loloda.
Mengungkap Pesona Halmahera Barat

Memberi hasil 
Mengungkap Pesona Halmahera Barat

Dengan tema yang berbeda dari tahun ke tahun, Festival Teluk Jailolo menampilkan potensi wisata alam dan budaya setempat. Hasilnya, kunjungan wisata bertambah dari tahun ke tahun.
Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, jumlah wisatawan pada 2011 tercatat 5.945 orang, pada 2012 sebanyak 15.500 orang, dan pada 2013 sebanyak 37.186 orang.
Akses ke Halmahera Barat juga kian mudah. Setelah menempuh perjalanan udara dari Jakarta ke Ternate (Bandar Udara Sultan Babullah) sekitar 3,5 jam, wisatawan dapat melanjutkan dengan perjalanan laut menggunakan perahu dari Pelabuhan Dufadufa, Ternate, ke Pelabuhan Jailolo selama 45 menit.
Penerbangan dari Ternate ke Jailolo sudah menampakkan kemajuannya, sekarang bisa setiap saat karena ada banyak kapal. Berbeda dengan dulu kalau berangkat pagi baru bisa pulang esok hari. Jadwal penerbangan ke Ternate ada beberapa kali. Dari Jakarta ada 9 kali penerbangan, dari Surabaya ada 4 kali, Makassar 2 kali, dan Manado 2 kali. Jika ingin menginap di Jailolo, ada satu hotel dan sejumlah penginapan. Bagi wisatawan yang tidak ingin merogoh kocek besar bisa tinggal di rumah penduduk, tersedia sekitar 70 kamar, dengan tarif Rp 100.000 perkamar kapasitas dua orang. Tentunya selain lebih murah juga bisa menikmati langsung kearifan lokal.




Sumber referensi: (Kompas)

2 komentar:

Kritik dan saran Anda sangat kami butuhkan. Berkomentarlah dengan sopan dan tidak mengandung spam